RSS

Biarkan Daya Khayal Anak Berkembang


Orangtua Perlu Beri Pengertian...

Semua teknologi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup saat ini berawal dari daya khayal para penemunya. Ketika manusia berkhayal bisa terbang seperti burung, Wright bersaudara bisa mewujudkan khayalan itu lewat pesawat udara.
Bulan purnama yang bersinar menawan di langit membuat orang berkhayal ingin menginjakan kaki ke sana. Dan khayalan itu bisa terwujud saat Neil Amstrong mendarat di bulan. Masih banyak lagi hal yang hanya menjadi khayalan semata tapi akhirnya bias di wujudkan.
Namun daya khayal juga bisa berujung maut. Seperti kisah tragis Heri (12) yang berkhayal menjadi Limbad yang bias melepaskan diri dari ikatan tal di tubuhnya. Limbad seorang pesulap yang biasa melakikan atraksi berbahaya, seperti terjun dari ketinggian setelah di jemur seharian, sampai melepaskan ikatan dari seluruh tubuhnya.
Bahwa setiap anak pasti memiliki daya khayal. Kemampuan daya khayal anak sangat berkaitan dengan kemampuan kognitif (analisa), kemampuan sensorik (panca indra dan motorik), kemampuan kreativitas, dan kemampuan abstraksi (pemahaman abstrak).
Jika keempat elemen itu tidak dikuasai, daya khayal itu akan sulit diwujudkan dan malah berkonotasi negative. Daya khayal anak kualitasnya masih terbatas. Sehingga jika tidak diikuti dengan kemampuan kognitif, sensorik dan pemahaman abstrak, bias menyebabkan hal negative.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Stimulasi Kecerdasan Berdasar Modalitas

Secara umum, menstimulasi kecerdasan anak bisa dilakukan dengan berbeda-beda, sesuai modalitas belajar anak. Untuk menstimulasi kecerdasaan bahasa, misalnya, anak dengan modalitas visual adalah dengan mengamati cara orangtua menyebutkan suatu kata tertentu.
Ketika menstimulasi logika matematik, untuk anak tipe visual bisa dilakukan dengan menunjukkan gambar-gambar bentuk sederhana, seperti kotak, lingkaran, dan lain-lain. Untuk listener dilakukan dengan bercerita kepada anak bahwa gajah memiliki badan yang lebih besar dibandingkan kelinci. Sedangkan bagi kinesthetic dengan menyebutkan angka 1,2, atau 3 sambil membantu mengangkat jari anak sebanyak angka yang disebutkan.
Sewaktu menstimulasi kecerdasaan spatial, untuk anak bermodalitas visual diwujudkan dengan menunjukkan gambar-gambar, juga memutar leak tidur anak kea rah yang berbeda-beda. Untuk tipe listener dilakukan dengan bercerita kepada anak tentang ciri-ciri fisik di jerapah.
Berkait kecerdasan bodi, untuk tipe visual bisa dengan meminta anak meraih mainannya. Bagi listener dilakukan dengan memberi instruksi kepada anak agar menggerakkan badannya mengikuti irama lagu. Yang kinesthetic dilakukan dengan melatih anak menjaga keseimbangan saat mulai belajar berjalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jangan Larang Anak Gunakan Tangan Kiri


Seringkali, dengan alasan kurang sopan, orangtua melarang anaknya menggunakan tangan kiri untuk berbagai keperluan. Padahal membiarkan anak menggunakan tangan kiri bias menstimulasi penggunaan otak kanan.
Menghambat penggunaan tangan kiri berarti menghambat penggunaan otak kanan.padahal otak kiri dan kanan harus seimbang dan terus dikembangkan. Sampai usia 3 tahun, sebaiknya anak dibiarkan saja menggunakan tanggan kirinya seperti tangan kanan. Setelah usia 3 tahun, anak bias diberi pengertian bahwa tangan kanan lebih sopan. Mengapa 3 tahun? Karena pertumbuhan percabangan sel otak paling cepat sejak kehamilan 6 bulan sampai anak berumur 3 tahun. Sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama didalam kandungan, kemudian membelah dengan cepat mencapai 100 miliar sel.
Lalu mengapa otak kanan dan kiri harus seimbang? Karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Otak kiri tertama mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sustematis dan matematis. Sedangkan otak kanan terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat berpikir, divergen (meluas), imajinatif, ide-ide, kreatifitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, simultan.
Oleh karena itu, jika kita menginginkan anak dengan kecerdasan multiple, harus dilakukan perangsangan atau stimulasi sejak dini, sejak dalam kandungan sampai umur 3 tahun terus menerus, setiap hari da teratur serta merangsang otak kiri dan kanan bersama-sama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lunturnya Kebudayaan di Indonesia


Masyarakat pada umumnya khususnya generasi muda lebih memilih kebudayaan luar daripada kebudayaan sendiri. Indonesia kaya akan kebudayaan dari mulai seni tari, musik, pakaian adat dan lain-lain. Menurut mereka budaya luar lebih modern daripda budaya sendiri. Contohnya seperti fashion dan musik lebih modern. Kita boleh mengikuti gaya mereka tapi kita juga harus tahu yang positif dan negative untuk negara kita.
Sebelumnya Indonesia memiliki masalah karena kebudayaan kita di ambil atau di akui oleh negara lain. Kita memang marah tapi seharusnya kita juga harus tahu kenapa kebudayaan kita di akui negara lain?. Generasi muda saat ini malu untuk mengakui daerah dimana mereka berasal. Seperti berbicara bahasa daerah, menyanyi lagu daerah.
Mulai dari pemerintah hingga semua kalangan masyarakat khususnya generasi muda harus melestarikan, menjaga dan merawat agar kebudayaan kita tidak di akui atau di ambil oleh negara tetangga. Karena kebudayaan kita berasal dari nenek moyang kita dan aset untuk negara kita yang harus di rawat dengan baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jenis-jenis Cokelat



Cokelat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Murni, coklat tanpa pemanis mengandung padatan kakao dan cocoa butter terutama dalam berbagai proporsi. Sebagian besar cokelat dikonsumsi saat ini adalah dalam bentuk coklat manis , mengkombinasikan coklat dengan gula. Susu coklat coklat manis yang mengandung tambahan susu bubuk atau susu kental. "Eropa menetapkan aturan minimal 25% padatan kakao kering total untuk Milk Chocolate. "white chocolate" mengandung cocoa butter, gula, dan susu namun tidak ada padatan kakao. Cokelat mengandung alkaloid seperti teobromin dan phenethylamine , yang memiliki efek fisiologis pada manusia, namun keberadaan renders teobromin itu beracun untuk beberapa hewan, seperti anjing dan kucing. Ini telah dikaitkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Dark coklat telah dipromosikan untuk manfaat kesehatan, karena tampaknya memiliki cukup banyak antioksidan yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas .
Putih coklat dibentuk dari campuran gula, mentega kakao dan padatan susu. Meskipun teksturnya mirip dengan susu dan coklat gelap, tidak mengandung padatan kakao. Karena itu, banyak negara tidak menganggap coklat putih seperti cokelat sama sekali. Meskipun pertama kali diperkenalkan oleh
Hebert Permen pada tahun 1955, Mars, Incorporated adalah yang pertama untuk memproduksi coklat putih di Amerika Serikat. Karena tidak mengandung padatan coklat, coklat putih tidak mengandung teobromin apapun, yang berarti dapat dikonsumsi oleh hewan.
Dark cokelat diproduksi dengan menambahkan lemak dan gula ke dalam campuran coklat. Para
Pemerintah AS menyebutnya coklat manis "", dan membutuhkan konsentrasi 15% minuman keras cokelat. Eropa menetapkan aturan minimal 35% padatan kakao. Dark coklat, dengan kandungan kakao tinggi, merupakan sumber yang kaya epicatechin dan asam gallic , yang dianggap memiliki sifat kardioprotektif. Dark coklat juga telah dikatakan untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung ketika dikonsumsi secara teratur dalam jumlah kecil. semisweet coklat adalah coklat gelap dengan kadar gula rendah. Bittersweet coklat coklat adalah minuman keras yang gula (biasanya yang ketiga), cocoa butter lebih, vanili dan kadang-kadang lesitin telah ditambahkan. Memiliki sedikit gula dan minuman keras lebih dari semisweet coklat, tetapi keduanya saling dipertukarkan dalam baking.
coklat manis murni
coklat minuman keras , juga dikenal sebagai atau baking coklat pahit. Hal ini murni coklat: yang murni, tanah, kacang coklat panggang menanamkan rasa, coklat yang kuat dalam.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Followers