RSS

Psikologi Lintas Budaya

Studi dalam upaya disiplin untuk memperluas kompas riset psikologi di luar negara-negara industri maju beberapa yang telah tradisional terfokus. Sedangkan definisi dari apa yang merupakan budaya sangat bervariasi, sebagian besar ahli sepakat bahwa "budaya" melibatkan pola perilaku, simbol, dan nilai-nilai. Antropolog terkemuka Clifford Geertz menggambarkan budaya sebagai "... Suatu pola makna yang ditransmisikan secara historis terwujud dalam simbol-simbol, suatu sistem konsepsi yang diwariskan disajikan dalam bentuk simbolik dengan cara di mana manusia berkomunikasi, melestarikan, dan mengembangkan pengetahuan mereka tentang dan sikap terhadap kehidupan.

Sementara psikologi lintas-budaya dan antropologi sering tumpang tindih, baik disiplin cenderung memfokuskan pada aspek yang berbeda dari suatu budaya. Sebagai contoh, banyak masalah yang menarik bagi psikolog yang tidak ditangani oleh antropolog, yang memiliki masalah mereka sendiri secara tradisional, termasuk topik-topik seperti kekerabatan, distribusi tanah, dan ritual. Ketika antropolog melakukan berkonsentrasi pada bidang psikologi, mereka fokus pada kegiatan dimana data dapat dikumpulkan melalui pengamatan langsung, seperti usia anak-anak di sapih atau praktek pengasuhan anak. Namun, tidak ada tubuh yang signifikan data antropologi pada banyak pertanyaan yang lebih abstrak sering ditangani oleh psikolog, seperti konsepsi budaya intelijen.

penelitian lintas budaya dapat menghasilkan informasi penting tentang banyak topik yang menarik bagi psikolog. Dalam salah satu studi yang paling terkenal, peneliti menemukan bukti bahwa proses persepsi manusia mengembangkan berbeda tergantung pada apa jenis bentuk dan sudut orang terpapar setiap hari di lingkungan mereka. Masyarakat yang tinggal di negara-negara seperti Amerika Serikat dengan bangunan banyak mengandung sudut 90 derajat rentan terhadap ilusi optik yang berbeda dari yang di desa pedesaan Afrika, di mana bangunan tersebut tidak norma. Studi-studi lintas budaya juga menemukan bahwa gejala gangguan psikologis yang paling bervariasi dari satu budaya ke yang lain, dan telah menyebabkan peninjauan kembali atas apa yang merupakan seksualitas manusia normal. Sebagai contoh, homoseksualitas, lama dianggap perilaku patologis di Amerika Serikat, disetujui dari dalam budaya lain dan bahkan didorong dalam beberapa sebagai outlet seksual yang normal sebelum menikah.


Sumber:http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://findarticles.com/p/articles/mi_g2699/is_0000/ai_2699000080/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Ardi al-Maqassary mengatakan...

Teruskan karyamu kawan...sy sedang mencari referensi dan pandangan tentang psikologi dan budaya...
apalagi yg berhbungan dengan patologi budaya

Posting Komentar

Followers