RSS

Jangan Larang Anak Gunakan Tangan Kiri


Seringkali, dengan alasan kurang sopan, orangtua melarang anaknya menggunakan tangan kiri untuk berbagai keperluan. Padahal membiarkan anak menggunakan tangan kiri bias menstimulasi penggunaan otak kanan.
Menghambat penggunaan tangan kiri berarti menghambat penggunaan otak kanan.padahal otak kiri dan kanan harus seimbang dan terus dikembangkan. Sampai usia 3 tahun, sebaiknya anak dibiarkan saja menggunakan tanggan kirinya seperti tangan kanan. Setelah usia 3 tahun, anak bias diberi pengertian bahwa tangan kanan lebih sopan. Mengapa 3 tahun? Karena pertumbuhan percabangan sel otak paling cepat sejak kehamilan 6 bulan sampai anak berumur 3 tahun. Sel otak janin sudah tumbuh dan berkembang sejak bulan pertama didalam kandungan, kemudian membelah dengan cepat mencapai 100 miliar sel.
Lalu mengapa otak kanan dan kiri harus seimbang? Karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Otak kiri tertama mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sustematis dan matematis. Sedangkan otak kanan terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat berpikir, divergen (meluas), imajinatif, ide-ide, kreatifitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, simultan.
Oleh karena itu, jika kita menginginkan anak dengan kecerdasan multiple, harus dilakukan perangsangan atau stimulasi sejak dini, sejak dalam kandungan sampai umur 3 tahun terus menerus, setiap hari da teratur serta merangsang otak kiri dan kanan bersama-sama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers