RSS

Alat Kirim Pesan




1. Zaman Manual
• Isyarat Asap
Dalam sejarah budaya manusia, di tahun 3000 SM, bangsa Indian menggunakan isyarat asap untuk berkomunikasi singkat dengan saudara mereka yang ada di daerah yang jauh. Asap ini berasal dari api yang cukup besar, kemudian diberi jarak dengan cara menutup api tersebut menggunakan kulit hewan sehingga menghasilkan kode-kode tertentu.
• Surat
Surat adalah alat komunikasi pertama untuk jarak yang sangat jauh. Dalam sejarah, sejak abad 15 SM diketahui telah ada pelayanan pengantar surat di China dan Persia. Selain diantarkan lewat darat atau laut, ada juga surat yang diantarkan oleh merpati pos. Pos lewat jasa burung merpati ini dicetuskan oleh sultan Baghdad bernama Nuruddin pada 1146 untuk mengirimkan surat di sekitar kerajaannya. Merpati pos pun populer digunakan pada Perang Dunia Pertama (1914-1918) oleh pasukan Amerika.
• Kartu pos
Kartu pos pertama diterbitkan di Austria pada 1 Oktober 1869 dengan nama Correspondenz Karte. Selain surat, kartu pos juga merupakan salah satu media komunikasi jarak jauh yang populer dan ada sampai sekarang. Kartu pos biasanya memiliki gambar di satu sisi, sedangkan di sisi lain ada data penerima dan pengirim plus pesan singkat. Karena keringkasannya tersebut, biaya pengiriman kartu pos lebih murah daripada surat. Biasanya kartu pos dikirimkan orang-orang sebagai kenang-kenangan dari suatu daerah atau negara.

2. Zaman Elektrik
• Telegraf
Telegraf yang dimaksud di sini adalah sistem pengiriman pesan dengan mesin telegraf menggunakan kode morse. Pesan yang dikirimkan alat ini disebut telegram. Telegraf secara komersial pertama kali digunakan di Inggris pada tahun 1939. Jaringannya baru mencapai 21 kilometer. Pada tahun 1844, Samuel Morse dan Alfred Vail menciptakan sistem-sistem telegraf yang bisa merekam pesan dalam gulungan kertasdan menjangkau jarak hingga 64 km. Tahun 1851, jaringan telegraf berkembang di Amerika dan 10 tahun setelah itu telah dibangun jaringan telegraf yang melewati lautan Atlantic. Tarif telegram ini dihitung berdasarkan banyaknya karakter, jadi pesannya akan disingkat-singkat, seperti sms.
3. Zaman Digital
• SMS (Short Messaging Service)
Setelah muncul telegram, telepon berkabel pun ditemukan. Telepon berkabel ini menjadi awal beredaranya telepon tanpa kabel, alias ponsel (handphone). Perkembangan ponsel ini sangat pesat. Salah satu fasilitas ponsel yang terkenal sejak awal kemunculannya adalah layanan pesan singkat atau SMS. SMS sendiri muncul pertama kali pada Desember 1992, dari sebuah komputer ke ponsel dengan jaringan GSM milik operator seluler Vodafone di Inggris.
• Email
E-mail alias electronic mail bisa dibilang menjadi metode pengiriman pesan tercepat dan terefektif pada saat ini. Ini semua tidak lepas dari pesatnya perkembangan jaringan internet di seluruh penjuru dunia. Sebenarnya e-mail pertama kali diperkenalkan tahun 1982 dan waktu itu masih digunakan protokol SMTP. Bulan Mei 1996, protokol HTTP berhasil diimplementasikan. HTTP merupakan protokol yang memungkinkan hyperlinked di internet, dan kita gunakan sampai sekarang. Sadar atau tidak, jika sedang browsing internet.
• Messenger
Messenger sebenarnya merupakan komunikasi di internet dengan sistem chatting atau ngobrol dengan mengetik. Komunikasi dengan messenger tentu saja efektif untuk komunikasi jarak jauh karena lebih murah dibandingkan dengan telepon. Perkembangan messenger juga makin pesat dengan layanan yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan website terkemuka, seperti fasilitas webcam atau main game dengan lawan chatting kita.
• Social Networking Accounts
Social networkin adalah penghubung antar para pengguna internet. Contohnya, Friendster atau Facebook. Biasanya, pada website social networking ini ada fasilitas untuk berkomunikasi dengan user lain yang telah menjadi contact kita. Komunikasi lewat situs-situs social networking ini bukan hanya lewat pesan singkat tapi juga dengan foto, video, bahkan chatting.



Sumber: GADIS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Followers