RSS

Sakit Kepala



Berikut ini beberapa jenis sakit kepala yang sering mengganggu aktivitas kita sehari – hari:




  • Pusing/pening (Dizziness)

Gejala: Badan terasa ringan melayang, sempoyongan atau bergoyang – goyang, seperti kalau sedang mabuk laut. Pandangan juga berkunang – kunang.



Penyebab: Kemungkinan ada masalah dengan sistem peredaran darah kita. Misalnya, merasa pening saat sedang latihan paskibra di siang terik. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah di otak bereaksi terhadap cuaca panas. Atau bisa juga karena kita mengidap penyakit tekanan darah rendah.



Pencegahan: Hindari melakukan gerakan yang mendadak (misalnya, dari tiduran langsung berdiri), karena hal ini akan menyebabkan tekanan darah di otak turun secara tiba – tiba akibat gravitasi bumi. Dan, pakailah topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari yang menyengat.




  • Sakit kepala

Gejala: Kepala berdenyut ditambah dengan nyeri otot di bahu, leher dan kepala.



Penyebab: Banyak pikiran/stress. Saat tekanan jiwa meningkat sementara tenaga menurun (misalnya, kecapekan karena tugas yang belum kelar), akan timbul reaksi tegang pada otot – otot di kepala-leher0bahu dan pembuluh darah di kepala. Akibatnya langsung terasa nyeri di bagian – bagian tersebut. Ada juga penyebab lainnya, misalnya karena sakit flu, sakit gigi atau karena mata lelah akibat terlalu sering berada di depan komputer dan memakai kacamata.



Pengobatan: Sakit kepala ringan bisa sembuh dengan cara minum obat parasetamol dan istirahat secukupnya. Bisa juga dengan cara orang Yunani, yaitu dengan minum teh beraroma peppermint atau chamomile.



  • Migrain

Gejala: Sakit kepala sebelah. Bagian kepala(biasanya di kening, bagian sekitar mata dan belakang kepala) terasa nyeri berdenyut – denyut atau seperti ditusuk – tusuk, tetapi hanya terjadi si satu sisi kepala saja (kanan/kiri). Biasanya, penderita juga akan mengalami hal tidak enak lainnya, seperti mual dan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya (misalnya, mengalami blind spots atau titik – titik buta). Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga berhari – hari.



Penyebab: Migrain lebih sering menyerang cewek dibanding cowok. Hal ini ada hubungannya dengan naik turunnya hormon esterogen pada cewek. Oleh karena itu, banyak yang mendapat serangan migrain pada saat akan atau sedang menstruasi. Migrain juga merupakan penyakit turunan dan bisa timbul akibat stres.



Pengobatan: Migrain akan semakin parah jika kita memaksa tubuh untuk tetap beraktivitas. Jadi, istirahatlah saat migrain menyerang. Penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan obat yang memang spesifik untuk mengatasi migrain.




  • Vertigo

Gejala: Ruangan di sekitar kita seolah berputar – putar mengitari tubuh, padahal badan kita sedang tidak bergerak sama sekali. Biasanya, penderita juga merasa mual, pengelihatan kabur, berkeringat banyak, telinga berdengung dan kehilangan keseimbangan. Bahkan sampai ada yang pingsan. Vertigo ini berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari.



Penyebab: Vertigo dapat terjadi karena bermacam – macam hal. Mulai dari keadaan lingkungan, obat – obatan yang dikonsumsi, hingga adanya kelainan di sirkulasi darah, telinga atau syaraf keseimbangan.



Pengobatan: Jika ini tidak diobati, lama kelamaan akan mengakibatkan stroke atau penyakit jantung. Untuk pengobatannya tergantung faktor penyebab dari vertigo itu sendiri. Misalnya jika infeksi telinga, maka perlu pemeriksaan THT dan diobati dengan antibiotik. Tetapi biasanya hanya dengan berbaring saja, lama kelamaan vertigo ini akan menghilang. Jangan terlalu sering minum kopi dan makan makanan yang asin agar vertigo ini tidak sering muncul.



Sumber: Majalah GADIS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers